Inilah Jenis-Jenis Penyakit Kanker Yang Paling Menyakitkan

Dalam dunia kedokteran, ada lebih dari 100 jenis kanker yang berbeda, tergantung di mana sel kanker tumbuh di dalam tubuh.

Kanker sering juga menimbulkan penderitaan dan rasa sakit bagi si penderitanya. Gejala sakitnya akan bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti lokasi kanker, penyebab tepatnya dan kadang jenis pengobatan juga bisa menimbulkan beragam efek samping yang menyakitkan.
Penyakit Kanker Yang Paling Menyakitkan
Image courtesy of Med Chaos at commons.wikimedia.org

Untuk lebih memahami rasa sakit yang ditimbulkan oleh penyakit kanker, mari kita lihat sekilas jenis-jenis kanker yang paling berpotensi sangat menyakitkan berikut.
Baca juga: Jeruk: Turunkan Risiko Berbagai Jenis Penyakit

Penyakit Kanker Yang Paling Menyakitkan


Kanker Perut

Kanker perut menjadi salah satu dari lima jenis kanker yang paling banyak terdeteksi di seluruh dunia, dengan hampir satu juta kasus baru didiagnosa setiap tahunnya. Kanker perut sering menjadi sangat menyakitkan, karena sifatnya yang tersembunyi.

Kebanyakan dari orang yang menderita kanker perut baru sadar setelah kanker menyebar melewati tempat asalnya.

Gejala-gejala awal yang timbul biasanya adalah sakit perut, penurunan terhadap berat badan, dan perut terasa mulas. Rasa sakit bisa bervariasi pada tiap orang tergantung di mana sel kanker menyebar.

Seringkali, kanker menyebar ke bagian usus, dan menyebabkan gangguan pencernaan yang sangat menyiksa, hal ini mungkin memerlukan pembedahan untuk meringankannya.

Kanker Pankreas

Meskipun secara teoritis kanker pankreas bisa menyebar ke mana saja, namun yang paling sering terjadi adalah menyebar ke kelenjar getah bening dan tulang.

Sumber sakit yang paling umum berasal dari bagian tulang yang terdekat dengan prostat, seperti panggul, pinggul, dan tulang belakang bagian bawah. Kanker dapat merusak bagian-bagian tersebut, menimbulkan rasa sakit atau mati rasa yang membuat penderitanya sulit untuk berjalan.

Kanker prostat juga termasuk jenis kanker yang bisa menyebabkan kondisi yang disebut metastasis kompresi sumsum tulang belakang.

Dalam kasus ini, tumor menekan saraf tulang belakang dengan sangat kuat, yang jika tidak diobati biasanya menyebabkan nyeri makin memburuk di punggung bawah, kesulitan buang air dan mati rasa atau mengalami kesemutan di seluruh tubuh.

Kanker Payudara

Kanker payudara sendiri sudah sangat menyakitkan. Namun, rasa sakit akan makin intens ketika sel kanker menyebar ke bagian sistem saraf.

"Sulit untuk menjelaskan rasa nyerinya. Seperti ratusan jarum menusuk-nusuk kepala saya," kata salah satu pasien kanker payudara di AS yang diwawancarai pada tahun 2009 dan dimuat dalam British Medical Journal.

"Akhirnya saya mencoba untuk menggambarkannya sesuai dengan berbagai penyakit lain yang pernah saya alami. Sakit karena kanker payudara yang menyebar ke sistem syaraf adalah seperti infeksi telinga, migrain dan tonsilitis di tingkat yang palung buruk, bahkan lebih dari itu," kata pasien ini lagi.

Kanker Otak

Demikian pula dengan yang namanya kanker otak, rasa sakitnya jarang berdiri sendiri. Ini karena otak tidak memiliki reseptor terhadap rasa sakit.

Tetapi, tumor otak dapat menekan pembuluh darah atau saraf yang mengelilingi otak. Inilah yang sering menyebabkan rasa sakit terus-menerus di bagian kepala.

Delapan hingga 90 persen rasa sakit ini dapat dikelola dengan obat penghilang rasa sakit seperti opioid.

Sumber: health.kompas.com